RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Dringu
Kelas/Semester : X / GASAL
Mata Pelajaran :
SOSIOLOGI
Materi Pokok : SOSIOLOGI dan FUNGSINYA
Alokasi Waktu : 5 x 3 Pertemuan
Pertemuan ke : Pertemuan ke 1 (s/d 5)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI
2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1. Memperdalam nilai
agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1. Mensyukuri
keberadaan diri dan keberagaman
sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
2.2 Merespon
secara positif berbagai gejala
sosial di lingkungan sekitar
3.1 Mendeskripsikan
fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di
masyarakat
3.1.1 Menjelaskan
pengertian dan hakikat sosiologi
3.1.2 Menjelaskan
fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
4.1 Melakukan
kajian, diskusi, dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
4.1.1 ketrampilan mengkaji
fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
4.1.2 ketrampilan
berdiskusi untuk memahami fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi
di masyarakat
4.1.3 ketrampilan
menerapkan dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik mampu
1. Memperdalam nilai agama yang
dianutnya dan menghormati agama lain
2. Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
3. Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan
sekitar
4. Mendeskripsikan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
5. Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
1.
Materi Pembelajaran
Fakta
1. Pengertian dan hakikat sosiologi
2. fungsi
sosiologi
Konsep
1. Pengertian dan hakikat sosiologi
2. Perkembangan sosiologi
3. Peran dan fungsi sosiologi
4. Penerapan pengetahuan sosiologi
5. Sosiologi dan fungsinya dalam kajian berbagai gejala sosial
Prinsip/Prosedur
1. Mendeskripsikan
fungsi sosiologi dalam
mengkaji gejala sosial
2. Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial
2.
Metode Pembelajaran
a. Pendekatan :
Scientific Aproach
b. Model Pembelajaran :
diskusi dan penugasan
c.
Metode Pembelajaran : study
literatur, diskusi
3.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
5 menit
|
Inti
|
Kegiatan 1: Mengamati
·
Peserta didik diminta
untuk membaca
dan mengamati materi “sosiologi dan fungsinya” yang ada di buku pegangan siswa (buku paket)
Kegiatan 2: Menanya
·
Setelah membaca dan mengamati materi,
peserta didik dimotivasi dengan cara mengarahkan untuk bertanya sesuai dengan
materi yang telah dibaca dan yang diamati
·
Peserta didik ditanya
apakah ada keterkaitan antara fungsi sosiologi dengan gejala sosial tersebut
Kegiatan 3: Mengumpulkan informasi/eksperimen
·
Kemudian peserta
didik dikelompokkan
dan mencari sumber-sumber literatur lain untuk memperdalam pemahaman tentang
sosiologi dan fungsinya yang dipilih
peserta didik
Kegiatan 4: Mengasosiasikan/mengolah informasi
·
Peserta didik
menganalisis berbagai
data dan informasi yang diperolehnya ke dalam suatu tulisan terstruktur /
makalah sederhana
Kegiatan 5: Mengomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan
dan mendiskusikan hasil kerja kelompoknya, serta saling tukar informasi
tentang konsep dasar sosiologi yang lain dengan kelompok lain
|
……70…..menit
|
Penutup
|
Peserta
didik diberikan ulasan singkat tentang materi yang baru didiskusikan
· Peserta didik diberi
pertanyaan acak untuk mendapatkan umpan balik
· Guru memberikan kesimpulan
dan memberikan tugas untuk persiapan minggu berikutnya.
· Guru mengakhiri pelajaran
dengan salam
|
10.menit
|
4. Alat / Media / Sumber Pembelajaran
a.
media
1. powerpoint
sosiologi dan fungsinya
2. Gambar hubungan sosial
b.
Alat
1.
Laptop, LCD
2.
Papan tulis
c.
Sumber pembelajaran
Buku
Sosiologi kelas X Yudhistira kurikulum 2013
5. Penilaian hasil belajar
a. Bentuk Instrumen berupa tes:
1.
Tes tulis bentuk
uraian beserta pedoman penskoran (Penilaian kompetensi pengetahuan) (Lampiran
1)
b.
Bentuk Instrumen
berupa Non Tes:
Observasi untuk penilaian perilaku ilmiah beserta
pedoman penskoran (Lampiran 2)
Mengetahui, Kab.
Probolinggo, 14 Juli 2014
Kepala
Sekolah,
Guru Mata Pelajaran,
AHMAD
SUDIARTO, S.Pd, MM. LUTHFIA
NURHANIFAH, S.Sos
NIP.
19670613 199703 1 006 NIP.
-
LAMPIRAN
Lampiran
1. Penilaian Hasil Belajar
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran ………………….
b.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menjelaskan kembali pengertian …………………………………….
b.
Menyatakan kembali ……………………………………….
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a.
Terampil menerapkan ………………………………………………..
b.
Terampil
mengerjakan ………………………………………………………
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
Kompetensi
yang akan dinilai : Pengetahuan
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Jenis :
Subyektif
SOAL
Pertemuan I
SOAL LATIHAN :
1. Yang tidak termasuk kegunaan sosiologi adalah
…….
a. Anggaran pembangunan
b. Perencanaan sosial
c. Pemecahan masalah sosial
d. Pembangunan
e. Penelitian
kunci
: A
2. Yang tidak termasuk contoh masalah sosial yang
ada di masyarakat adalah …..
a. Terorisme
b. Demoralisasi
c. Kemiskinan
d. Demokrasi
e. Perdagangan anak
kunci
: D
3. Jelaskan gejala sosial yang ada di dalam
masyarakat pantai dringu !
kunci : subjektif
pemikiran siswa
4. Jelaskan fungsi sosiologi dalam mengenali
gejala sosial yang ada di dalam masyarakat pantai dringu !
kunci
: subjektif pemikiran siswa
SKOR PENILAIAN :
1. 2
point
2. 2
point
3. 8
point
4. 8
point
Total
Skor : (jumlah point : total point) x 100
= nilai siswa
Lampiran 2.
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran :sosiologi
Kelas/Semester : X/ gasal.
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran ………………….
1. Kurang baik jika menunjukkan sama
sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Baik jika menunjukkan sudah
ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3. Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama sekali
tidak berusaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
2. Baik jika menunjukkan sudah
ada usaha untuk bekerjasama dalam
kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama dalam
kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Contoh Form : A
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai
hasil pengamatan.
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
|
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B
: Baik
SB : Sangat baik
Lampiran 3.
LEMBAR PENGAMATAN
PENILAIAN KETERAMPILAN (Model A)
Mata Pelajaran : sosiologi
Kelas/Semester : X/2
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan
:
Indikator terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan ……………………………
1. Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan ………………….
2.
Terampil jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan …………………………..tetapi belum tepat.
3.
Sangat terampill jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan ……………………………
dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom
sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T
: Terampil
ST : Sangat terampil
Lampiran 4
LEMBAR PENGAMATAN
PENILAIAN KETERAMPILAN (Model B)
Mata Pelajaran : sosiologi
Kelas/Semester : X/2
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom
sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama
Siswa
|
Keterampilan
|
Indikator
|
||
KT
|
T
|
ST
|
|||
1
|
|
|
|
|
KT (Kurang terampil) jika sama sekali tidak dapat menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
T (Terampil) jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah
ST
(Sangat terampil) jika menunjukkan
adanya usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T
: Terampil
ST : Sangat terampil
Nilai Tes +
Nilai Kinerja (Sikap+Pengetahuan+Keterampilan)
Nilai Akhir
(NA) :
Jumlah Bobot
Mengetahui, Kab.
Probolinggo, 14 Juli 2014
Kepala
Sekolah,
Guru Mata Pelajaran,
AHMAD
SUDIARTO, S.Pd, MM. LUTHFIA
NURHANIFAH, S.Sos
NIP.
19670613 199703 1 006 NIP.
-
Lampiran .5.
Penilaian Portofolio
Sekolah
:
_________________________________________________
Matapelajaran
: _________________________________________________
Durasi
Waktu :
_________________________________________________
Nama
Peserta didik : _________________________________________________
Kelas/SMT
:
_________________________________________________
No.
|
KI/KD/PI
|
Waktu
|
Berbicara
|
Tata Bahasa
|
Kosa Kata
|
Ucapan
|
Keterangan
|
1
|
Pengenalan
|
16/07/2013
|
|
|
|
|
|
24/07/2013
|
|
|
|
|
|
||
17/08/2013
|
|
|
|
|
|
||
Dst ……
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Penulisan
|
12/09/2013
|
|
|
|
|
|
22/09/2013
|
|
|
|
|
|
||
Dst …….
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Ingatan Terhadap Kosa
Kata
|
15/10/2013
|
|
|
|
|
|
15/11/2013
|
|
|
|
|
|
||
Dst……
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Untuk setiap karya peserta
didik dikumpulkan dalam satu file sebagai bukti pekerjaan yang masuk dalam
portofolio. Skor yang digunakan dalam penilaian portofolio menggunakan rentang
antara 0 -10 atau 10 – 100. Kolom keterangan diisi oleh guru untuk
menggambarkan karakteristik yang menonjol dari hasil kerja tersebut.
Lampiran
. 6
Contoh Format Penilaian
Konsep Diri Peserta Didik
Nama sekolah :
________________________________________________
Mata Ajar :
________________________________________________
Nama :
________________________________________________
Kelas :
________________________________________________
No.
|
Pernyataan
|
Alternatif
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya berusaha meningkatkan keimanan dan
ketaqwaan kepada Tuhan YME agar mendapat ridho-Nya dalam belajar
|
|
|
2
|
Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh
|
|
|
3
|
Saya optimis bisa meraih prestasi
|
|
|
4
|
Saya bekerja keras untuk meraih cita-cita
|
|
|
5
|
Saya berperan aktif dalam kegiatan sosial di
sekolah dan masyarakat
|
|
|
6
|
Saya
suka membahas masalah politik, hukum dan pemerintahan
|
|
|
7
|
Saya berusaha mematuhi segala peraturan yang
berlaku
|
|
|
8
|
Saya
berusaha membela kebenaran dan keadilan
|
|
|
9
|
Saya
rela berkorban demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara
|
|
|
10
|
Saya
berusaha menjadi warga negara yang baik dan bertanggungjawab
|
|
|
Inventori digunakan untuk menilai
konsep diri peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan
diri peserta didik.Rentangan nilai yang digunakan antara 1 dan 2. Jika jawaban
YA maka diberi skor 2, dan jika jawaban TIDAK maka diberi skor 1. Kriteria penilaianya adalah jika rentang
nilai antara 0–5 dikategorikan tidak positif; 6–10, kurang positif; 11– 5
positif dan 16–20 sangat positif.
Lampiran .7. MATERI
BAB I SOSIOLOGI DAN FUNGSINYA
A. APA ITU SOSIOLOGI ?
PENGERTIAN SOSIOLOGI :
Secara etimologi, sosiologi berasal
dari kata socious dan logos. Socious (bahasa latin) artinya teman, dan logos
(bahasa Yunani) yang berarti kata, perkataan, atau pembicaraan. Secara harfiah,
sosiologi berarti berbicara mengenai masyarakat.
HAKIKAT SOSIOLOGI :
a. Sosiologi termasuk rumpun ilmu
sosial, bukan ilmu pengetahuan alam ataupun ilmu kerohanian
b. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan
yang kategoris, artinya sosiologi
membatasi diri dengan apa yang terjadi dan bukan pada apa yang seharusnya
terjadi.
c. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan
murni (pure science)
d. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan
yang abstrak, artiny yang diperhatikan adalah pola dan peristiwa yang terjadi
dalam masyarakat
e. Sosiologi
bertujuan untuk menghasilkan pengertian dan pola-pola umum
f.
Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan
yang rasional terkait dengan metode yang digunakannya
g. Sosiologi
termasuk ilmu pengetahuan umum, bukan ilmu pengetahuan yang khusus
OBJEK SOSIOLOGI :
Objek sosiologi adalah
masyarakat, dengan menyoroti hubungan antarmanusia dan proses sebab akibat yang
timbul dari hubungan tersebut.
CIRI CIRI SOSIOLOGI :
1.
Empiris
2.
Teoritis
3.
Kumulatif
4.
Nonetis
B. PERKEMBANGAN SOSIOLOGI
Pada
awal kelahirannya, sosiologi merupakan salah satu cabang ilmu filsafat yang
dikembangkan oleh Auguste Comte dari Perancis di pertengahan abad ke-18.
Auguste Comte kala itu terus berfikir bagaimana caranya memperkecil krisis
social dan kesenjangan di masyarakat karena Revolusi Industri di Inggris dan
Revolusi Sosial di Perancis. Akhirnya, Comte tiba pada kesimpulannya yaitu
harus ada ilmu yang bertugas mempelajari masyarakat agar perkembangan yang
terjadi dapat diarahkan ke hal yang lebih baik.
C. PERAN DAN FUNGSI SOSIOLOGI
1. Peran
sosiologi
a. Di
bidang riset
Seperti
semua ilmuwan lainnya, para sosiolog menaruh perhatian pada pengumpulan dan
penggunaan data. Missal, sosiolog memimpin riset ilmiah dan kemudian mencari
data tentang kehidupan social suatu masyarakat. Data tersebut kemudian diolah
menjadi suatu karya ilmiah yang berguna
bagi pengambil keputusan.
b. Di
bidang kebijakan pemerintah
Sosiologi
membantu memperkirakan pengaruh kebijakan sosial yang mungkin terjadi dengan
berdasarkan teori dan peristiwa-peristiwa yang hampir sama yang pernah terjadi.
c. Di
bidang teknis
Beberapa
sosiolog terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan masyarakat.
d. Di
bidang pendidikan
Guru
sosiologi mengajarkan dan mengenalkan realitas sosial pada murid agar mereka
siap saat terjun di masyarakat nanti.
2. Fungsi
sosiologi
a. Perencanaan
sosial
b. Penelitian
c. Pembangunan
d. Pemecahan
masalah sosial
D. PENERAPAN PENGETAHUAN SOSIOLOGI
1.
Penerapan pengetahuan sosiologi
tentang nilai dan norma sosial
2.
Penerapan pengetahuan sosiologi
tentang interaksi dan peran sosial
3.
Penerapan pengetahuan sosiologi tentang
proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian
4.
Penerapan pengetahuan sosiologi
tentang perilaku menyimpang daqn pengendalian sosial
5.
Penerapan pengetahuan sosiologi
tentang status individu dan masyarakat
6.
Penerapan pengetahuan sosiologui
dalam pembangunan
E. SOSIOLOGI DAN FUNGSINYA DALAM KAJIAN
BERBAGAI GEJALA SOSIAL
a. Pengertian
gejala sosial
Gejala
sosial adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi dan dapat diamati dalam
kehidupan masyarakat.
b. Gejala-gejala
sosial yang memicu masalah sosial
Diantaranya
demoralisasi, terorisme, disorganisasi keluarga, penyimpangan sosial dst.
c.
Fungsi sosiologi dalam mengkaji
gejala sosial dalam masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar