RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1
DRINGU
Kelas/Semester : X / GASAL
Mata Pelajaran :
SOSIOLOGI
Materi Pokok : KONSEP DASAR SOSIOLOGI dan
HUBUNGAN SOSIAL
Alokasi Waktu : 5 x 3 Pertemuan
Pertemuan ke : Pertemuan ke 6 (s/d 10)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI
2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1. Memperdalam nilai
agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1. Mensyukuri
keberadaan diri dan keberagaman
sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
2.2 Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan
sekitar
3.2
Menerapkan konsep-konsep
dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu
dan kelompok serta antar kelompok
3.2.1 Menjelaskan pengertian konsep
3.2.2 Menjelaskan konsep-konsep dasar sosiologi
3.2.3 Menjelaskan hubungan sosial
3.2.4
Medeskripsikan
penerapan konsep-kosep dasar sosiologi untuk memahami hubungan sosial
4.2 Melakukan
kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami
hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar
kelompok
4.2.1 ketrampilan mengkaji
konsep-konsep sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antar individu dan
kelompok serta antar kelompok
4.2.2.
ketrampilan berdiskusi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antar
individu dan kelompok serta antar kelompok
4.2.3 ketrampilan menerapkan dan menyimpulkan konsep-konsep sosiologi untuk
memahami hubungan sosial antar individu, antar individu dan kelompok serta
kelompok
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik mampu
1. Memperdalam nilai agama yang
dianutnya dan menghormati agama lain
2. Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
3. Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan
sekitar
4. Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk
memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok
serta antar kelompok
5. Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan
konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu,
antara individu dan kelompok serta antar kelompok
1.
Materi Pembelajaran
Fakta
1. Konsep dasar sosiologi dan
hubungan sosial
Konsep
1. Pengertian konsep
2. Macam-macam konsep dasar
sosiologi dan penjelasan ringkas
3. Hubungan sosial
4. Penerapan konsep dasar
sosiologi untuk memahami hubungan sosial dalam masyarakat
Prinsip/Prosedur
1. Menerapkan
konsep dasar sosiologi untuk
memahami hubungan sosial
2.
Metode Pembelajaran
a. Pendekatan :
Scientific Aproach
b. Model Pembelajaran :
diskusi dan penugasan
c.
Metode
Pembelajaran : study literatur, diskusi
3.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
5 menit
|
Inti
|
Kegiatan 1: Mengamati
·
Peserta didik diminta
untuk membaca
dan mengamati materi “konsep dasar sosiologi dan hubungan
sosial” yang ada di buku pegangan siswa
(buku paket)
Kegiatan 2: Menanya
·
Setelah membaca dan mengamati materi,
peserta didik dimotivasi dengan cara mengarahkan untuk bertanya sesuai dengan
materi yang telah dibaca dan yang diamati
·
Peserta didik ditanya
apakah ada benang merah antara konsep dasar sosiologi dengan hubungan sosial
tersebut
Kegiatan 3: Mengumpulkan informasi/eksperimen
·
Kemudian peserta
didik dikelompokkan
dan mencari sumber-sumber literatur lain untuk memperdalam pemahaman tentang
konsep dasar sosiologi yang dipilihnya
Kegiatan 4: Mengasosiasikan/mengolah informasi
·
Peserta didik
menganalisis berbagai
data dan informasi yang diperolehnya ke dalam suatu tulisan terstruktur /
makalah sederhana
Kegiatan 5: Mengomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan
dan mendiskusikan hasil kerja kelompoknya, serta saling tukar informasi
tentang konsep dasar sosiologi yang lain dengan kelompok lain
|
……70…..menit
|
Penutup
|
Peserta
didik diberikan ulasan singkat tentang materi yang baru didiskusikan
· Peserta didik diberi
pertanyaan acak untuk mendapatkan umpan balik
· Guru memberikan kesimpulan
dan memberikan tugas untuk persiapan minggu berikutnya.
· Guru mengakhiri pelajaran
dengan salam
|
10.menit
|
4. Alat / Media / Sumber Pembelajaran
a.
media
1. powerpoint
konsep dasar sosiologi dan hubungan sosial
2. Gambar hubungan sosial
b.
Alat
1.
Laptop, LCD
2.
Papan tulis
c.
Sumber pembelajaran
Buku
Sosiologi kelas X Yudhistira kurikulum 2013
5. Penilaian hasil belajar
a. Bentuk Instrumen berupa tes:
1.
Tes tulis bentuk
uraian beserta pedoman penskoran (Penilaian kompetensi pengetahuan) (Lampiran
1)
b.
Bentuk Instrumen
berupa Non Tes:
Observasi untuk penilaian perilaku ilmiah beserta
pedoman penskoran (Lampiran 2)
Mengetahui, Kab.
Probolinggo, 14 Juli 2014
Kepala
Sekolah,
Guru Mata Pelajaran,
AHMAD
SUDIARTO, S.Pd, MM. LUTHFIA
NURHANIFAH, S.Sos
NIP.
19670613 199703 1 006 NIP.
-
LAMPIRAN
Lampiran
1. Penilaian Hasil Belajar
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran ………………….
b.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menjelaskan kembali pengertian …………………………………….
b.
Menyatakan kembali ……………………………………….
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a.
Terampil menerapkan ………………………………………………..
b.
Terampil
mengerjakan ………………………………………………………
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
Kompetensi
yang akan dinilai : Pengetahuan
Bentuk Penilaian :
Tes Tulis
Jenis :
Subyektif
Tes tertulis
1. Jelaskan pengertian konsep!
2. Sebut dan jelaskan 2 konsep
dasar sosiologi!
3. Jelaskan pengertian dan
karakteristik hubungan sosial!
4. Jelaskan 2 dampak hubungan
sosial!
a. Kunci Jawaban
1. Pengertian konsep
Menurut KBBI,
konsep adalah ide atau pengertian yang diabstraksikan dari peristiwa konkret. Menurut Prof.
Dr. C. Dewi Wulandari, konsep adalah suatu istilah kata ilmiah yang menyatakan
suatu ide, pengertian atau pikiran umum tentang sesuatu atau sifat-sifat benda,
peristiwa, gejala ataupun istilah yang mengemukakan tentang hubungan antara
suatu gejala dengan gejala lainnya.
2. Konsep dasar sosiologi (tergantung jawaban siswa) misal :
·
Keluarga
Merupakan satuan sosial terkecil
dalam masyarakat, terbentuk akibat adanya ikatan perkawinan atau pernikahan.
·
Kelompok sosial
Secara sosiologis, kelompok sosial
adalah suatu kumpulan orang-orang yang mempunyai hubungan dan saling
berinteraksi satu sama laindan dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama.
3. Pengertian dan karakteristik hubungan
sosial
Hubungan sosial merupakan hubungan
yang terwujud antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan
kelompok dengan kelompok sebagai akibat dari hasil interaksi di antara sesama
mereka.
Karakteristik hubungan sosial :
a. Dua orang atau lebih yang saling berkoordinasi satu dengan
lain
b. Tindakan, pengaruh, evaluasi, atau pikiran mereka saling
melengkapi
c. Dapat dilihat dari aspek tingkah laku / melibatkan
perasaan
4. Dampak hubungan sosial (tergantung jawaban siswa) misal :
a) Mempermudah proses sosialisasi
Proses sosialisasi dapat berlangsung dengan mudah sebagai akibat dari
adanya hubungan sosial dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Proses
sosialisasi merupakan proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal
dan menghayati kebudayaan masyarakat dalam lingkungannya. Dewasa ini proses
belajar kebudayaan tersebut tak hanya terbatas dalam lingkungannya sendiri tapi
juga di luar masyarakat dan lingkungannya.
b) Mendorong proses internalisasi
Hubungan sosial yang terjalin antara seorang individu atau kelompok
dengan individu atau kelompok lainnya dapat mendorong terjadinya proses internalisasi dalam diri individu atau
kelompok tersebut. Menurut Koentjaraningrat, proses internalisasi merupakan
proses yang berlangsung sepanjang hidup individu mulai saat dilahirkan hingga
akhir hayatnya. Sepanjang hidupnya seorang individu akan terus belajar untuk
mengolah segala perasaan, hasrat, nafsu, dan emosi yang kemudian akan membentuk
kepribadiaannya. Tanpa adanya hubungan sosial, proses internalisasi tidak akan
berlangsung dalam diri seseorang.
Lampiran 2.
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran :sosiologi
Kelas/Semester : X/ gasal.
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran ………………….
1. Kurang baik jika menunjukkan sama
sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Baik jika menunjukkan sudah
ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3. Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama sekali
tidak berusaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
2. Baik jika menunjukkan sudah
ada usaha untuk bekerjasama dalam
kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama dalam
kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Contoh Form : A
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai
hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
|
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B
: Baik
SB : Sangat baik
Lampiran 3.
LEMBAR PENGAMATAN
PENILAIAN KETERAMPILAN (Model A)
Mata Pelajaran : sosiologi
Kelas/Semester : X/2
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan
:
Indikator terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan ……………………………
1. Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan ………………….
2.
Terampil jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan …………………………..tetapi belum tepat.
3.
Sangat terampill jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan ……………………………
dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom
sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T
: Terampil
ST : Sangat terampil
Lampiran 4
LEMBAR PENGAMATAN
PENILAIAN KETERAMPILAN (Model B)
Mata Pelajaran : sosiologi
Kelas/Semester : X/2
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom
sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
Indikator
|
||
KT
|
T
|
ST
|
|||
1
|
|
|
|
|
KT (Kurang terampil) jika sama sekali tidak dapat
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
T (Terampil) jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
ST (Sangat terampil) jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T
: Terampil
ST : Sangat terampil
Nilai Tes +
Nilai Kinerja (Sikap+Pengetahuan+Keterampilan)
Nilai Akhir
(NA) :
Jumlah Bobot
Mengetahui, Kab.
Probolinggo, 14 Juli 2014
Kepala
Sekolah,
Guru Mata Pelajaran,
AHMAD
SUDIARTO, S.Pd, MM. LUTHFIA
NURHANIFAH, S.Sos
NIP.
19670613 199703 1 006 NIP.
-
Lampiran .5.
Penilaian Portofolio
Sekolah
:
_________________________________________________
Matapelajaran
:
_________________________________________________
Durasi
Waktu :
_________________________________________________
Nama
Peserta didik : _________________________________________________
Kelas/SMT
:
_________________________________________________
No.
|
KI/KD/PI
|
Waktu
|
Berbicara
|
Tata Bahasa
|
Kosa Kata
|
Ucapan
|
Keterangan
|
1
|
Pengenalan
|
16/07/2013
|
|
|
|
|
|
24/07/2013
|
|
|
|
|
|
||
17/08/2013
|
|
|
|
|
|
||
Dst ……
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Penulisan
|
12/09/2013
|
|
|
|
|
|
22/09/2013
|
|
|
|
|
|
||
Dst …….
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Ingatan Terhadap Kosa Kata
|
15/10/2013
|
|
|
|
|
|
15/11/2013
|
|
|
|
|
|
||
Dst……
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Untuk setiap karya peserta
didik dikumpulkan dalam satu file sebagai bukti pekerjaan yang masuk dalam
portofolio. Skor yang digunakan dalam penilaian portofolio menggunakan rentang
antara 0 -10 atau 10 – 100. Kolom keterangan diisi oleh guru untuk
menggambarkan karakteristik yang menonjol dari hasil kerja tersebut.
Lampiran
. 6
Contoh Format Penilaian
Konsep Diri Peserta Didik
Nama sekolah :
________________________________________________
Mata Ajar :
________________________________________________
Nama :
________________________________________________
Kelas :
________________________________________________
No.
|
Pernyataan
|
Alternatif
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya berusaha meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada
Tuhan YME agar mendapat ridho-Nya dalam belajar
|
|
|
2
|
Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh
|
|
|
3
|
Saya optimis bisa meraih prestasi
|
|
|
4
|
Saya bekerja keras untuk meraih cita-cita
|
|
|
5
|
Saya berperan aktif dalam kegiatan sosial di sekolah dan
masyarakat
|
|
|
6
|
Saya suka membahas
masalah politik, hukum dan pemerintahan
|
|
|
7
|
Saya berusaha mematuhi segala peraturan yang berlaku
|
|
|
8
|
Saya berusaha
membela kebenaran dan keadilan
|
|
|
9
|
Saya rela berkorban
demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara
|
|
|
10
|
Saya berusaha
menjadi warga negara yang baik dan bertanggungjawab
|
|
|
Inventori digunakan untuk menilai
konsep diri peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan
diri peserta didik.Rentangan nilai yang digunakan antara 1 dan 2. Jika jawaban
YA maka diberi skor 2, dan jika jawaban TIDAK maka diberi skor 1. Kriteria penilaianya adalah jika rentang
nilai antara 0–5 dikategorikan tidak positif; 6–10, kurang positif; 11– 5
positif dan 16–20 sangat positif.
Lampiran .7. MATERI
Bab II Konsep
Dasar Sosiologi dan Hubungan Sosial
A.
Pengertian
konsep
Menurut KBBI, konsep adalah ide atau pengertian yang diabstraksikan dari
peristiwa konkret. Menurut Prof.
Dr. C. Dewi Wulandari, konsep adalah suatu istilah kata ilmiah yang menyatakan
suatu ide, pengertian atau pikiran umum tentang sesuatu atau sifat-sifat benda,
peristiwa, gejala ataupun istilah yang mengemukakan tentang hubungan antara
suatu gejala dengan gejala lainnya.
B. Konsep-konsep dasar sosiologi
1)
Konsep individu
2)
Keluarga
3)
Kelompok sosial
4)
Masyarakat
5)
Interaksi dan proses sosial
6)
Nilai dan norma sosial
7)
Sosialisasi
8)
Struktur sosial
9)
Lembaga sosial (pranata sosial)
10) Perubahan
sosial budaya
11) Kebudayaan
12) Pelapisan
sosial
13) Dll
C. Hubungan sosial
Hubungan
sosial merupakan hubungan yang terwujud antara individu dengan individu,
individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok sebagai akibat dari
hasil interaksi di antara sesama mereka.
Karakteristik
hubungan sosial :
a.
Dua
orang atau lebih yang saling berkoordinasi satu dengan lain
b.
Tindakan,
pengaruh, evaluasi, atau pikiran mereka saling melengkapi
c.
Dapat
dilihat dari aspek tingkah laku / melibatkan perasaan
D. Penerapan konsep dasar sosiologi untuk memahami
hubungan sosial dalam masyarakat
Seperti yang diketahui, dalam sosiologi memiliki
banyak sekali konsep sosial. Adapun penerapannya misal, konsep sosialisasi
sangat berperan dalam pembentukan kepribadian. Sosialisasi juga berkaitan
dengan interaksi sosial. Tanpa adanya sosialisasi dan interaksi sosial tentu
akan sulit untuk membentuk kepribadian seseorang itu menjadi baik atau seperti
yang diharapkan. Sebagai contoh, Ibu dan Bapak kita di rumah selalu mengajarkan
kita untuk selalu berbuat baik, santun dan menghindari perbuatan-perbuatan tercela
yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Saat mereka memberi
nasehat, tentunya terjadi proses interaksi pula di dalamnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar